Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPROSIDING AKADEMIK-ILMIAHSTRATEGI PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA (SUATU SOLUSI MELALUI PARADIGMA MANAJEMEN KUALITAS)

STRATEGI PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA (SUATU SOLUSI MELALUI PARADIGMA MANAJEMEN KUALITAS)

STRATEGI PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI SWASTA (SUATU SOLUSI MELALUI PARADIGMA MANAJEMEN KUALITAS)

Oleh  Dra. Ni Luh Yaniasti, M.Hum.[4]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.41-51). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

 

Abstrak: Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berperan untuk menghasilkan ‘intellectual society’ yang bermitra dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk menghasilkan output yang berkualitas di abad XXI ini, PTS dituntut untuk menerapkan paradigma baru, dan paradigma baru ini menuntut proses terobosan pemikiran (break through thinking process) yang mampu bersaing dalam dunia yang serba terbuka. Paradigma meniru manajemen PTN di dalam pengelolaan PTS dipandang terlalu rapuh untuk abad modern ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya pengelolaan dengan meniru PTN diganti dengan paradigma baru, yaitu pengelolaan manajemen kualitas. Pendekatan manajemen kualitas menuntut seluruh sivitas kampus berkualitas, mulai dari input, staf rektorat, staf edukatif, tenaga administrasi, proses belajar-mengajar (PBM) sampai dengan sarana dan prasarana. Melalui pengelolaan kualitas diharapkan PTS dapat menghasilkan output yang berkualitas.

Kata kunci: Paradigma, manjemen kualitas, dan PTS

 

[4] Dra. Ni Luh Yaniasti, M.Hum. adalah staf edukatif pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126041930_ni luh yaniasti-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: