Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPROSIDING AKADEMIK-ILMIAHSTANDAR TES SELEKSI MAHASISWA BARU

STANDAR TES SELEKSI MAHASISWA BARU

STANDAR TES SELEKSI MAHASISWA BARU

Oleh Dr. I Gusti Ngurah Puger, M.Pd.[11]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.133-147). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

Abstrak: Salah satu unsur masukan yang sangat vital perannya dalam manajemen pengelolaan perguruan tinggi secara total adalah mahasiswa baru. Mahasiswa baru yang berhasil diterima oleh suatu perguruan tinggi tidaklah diterima secara langsung, melainkan harus melalui seleksi. Untuk menyeleksi mahasiswa baru diperlukan instrumen, yang lazim dikenal dengan tes seleksi mahasiswa baru. Agar hasil tes seleksi mahasiswa baru dapat dipertanggungjawabkan, maka tes yang bersangkutan harus disusun berbasiskan atas standar mutu yang sudah ditetapkan oleh tim penjaminan mutu perguruan tinggi yang bersangkutan. Proses penyusunan tes seleksi mahasiswa baru yang beracuan pada standar yang sudah ditetapkan sebelumnya sering dikenal sebagai standarisasi tes seleksi mahasiswa baru. Adapun persyaratan di dalam membuat tes seleksi mahasiswa baru yang standar adalah: memiliki kisi-kisi tes yang jelas, memenuhi uji validitas isi, memenuhi reliabilitas respon antar-rater, memenuhi tingkat kesulitan butir, memenuhi tingkat daya beda butir, memenuhi efektivitas peran pengecoh, memenuhi validitas butir, dan memenuhi reliabilitas tes.

Kata kunci: Standar tes, seleksi, dan mahasiswa baru

[11] Dr. I Gusti Ngurah Puger, M.Pd. adalah staf edukatif pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126045011_i gusti ngurah puger-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017_2

Share With: