Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPROSIDING AKADEMIK-ILMIAHKETERKAITAN PENDIDIKAN GLOBAL DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SUATU DIFUSI INFORMASI BUDAYA ANTAR-BANGSA

KETERKAITAN PENDIDIKAN GLOBAL DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SUATU DIFUSI INFORMASI BUDAYA ANTAR-BANGSA

KETERKAITAN PENDIDIKAN GLOBAL DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SUATU DIFUSI INFORMASI BUDAYA ANTAR-BANGSA

Oleh Drs. I Nyoman Suprapta, M.Si.[6]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.65-81). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

Abstrak: Pendidikan multikultural pada hakikatnya sangat berkaitan erat dengan perspektif pendidikan global. Kedua jenis pendidikan tersebut dapat memfokuskan pembahasan material mengenai budaya suatu bangsa dan budaya bangsa-bangsa di dunia. Pendidikan global merupakan pengajaran dan pembelajaran dengan perspektif global, seperti: mengenali saling ketergantungan dan keterkaitan antara isu-isu, daerah, masyarakat, tempat, sistem, dan waktu; meningkatkan pemahaman isu-isu global; dan bekerja sebagai kewarganegaraan global yang aktif, bertanggungjawab, dan berkelanjutan. Sedangkan pendidikan multikultural merupakan pendidikan untuk/tentang keragaman kebudayaan dalam merespon perubahan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu atau bahkan dunia secara keseluruhan. Antara pendidikan multikultural dan pendidikan global terjadi keterkaitan yang erat. Keterkaitan antara kedua jenis pendidikan tersebut adalah dalam hal terjadinya difusi segi-segi positif budaya suatu bangsa dengan bangsa lain dalam perspektif pengguna budaya tersebut.

Kata kunci: Pendidikan, global, multikultural, dan budaya.

[6] Drs. I Nyoman Suprapta, M.Si. adalah staf edukatif pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126043603_i nyoman suprapta-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: