Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPROSIDING AKADEMIK-ILMIAHIMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA)

IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA)

IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA)

Oleh Drs. I Nyoman Mudarya, M.Pd.[5]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.52-64). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

 

Abstrak: Perkembangan pendidikan di Indonesia seyogianya mengikuti perkembangan zaman saat ini. Di mana terjadi perubahan yang mendasar dari tatanan kehidupan di masyarakat, baik dari perubahan pandangan, pertumbuhan ekonomi, dan lainnya. UNESCO dalam Komisi Internasional Pendidikan Abad ke-21 melaporkan bahwa pada era global ini pendidikan dilaksanakan dengan bersandar pada empat pilar pendidikan, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Berkaitan dengan terjadinya perubahan tatanan masyarakat pemerintah yang mencanangkan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan merancang kurikulum yang dapat menjawab tantangan global, yaitu kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum ini terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumberd aya manusia  dari capaian pembelajaran, yang dimiliki setiap insan pekerja Indonesia dalam menciptakan hasil karya serta kontribusi yang bermutu di bidang pekerjaannya masing-masing. Sebagai lembaga Pendidikan, Universitas Panji Sakti pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi Bimbingan dan Konseling ingin menjawab perubahan tatanan masyarakat di mana terdahulu lulusan Bimbingan dan Konseling hanya dapat menjadi guru BK namun dengan Kurikulum KKNI lulusannya tidak hanya menjadi guru BK, namun dapat juga bekerja di luar keguruan. Dengan Kurikulum KKNI Program Studi Bimbingan dan Konseling Unipas mempersiapkan lulusannya untuk dapat menjadi Guru BK/Konselor sekolah, Konselor yang kompetensinya meliputi Konselor Anak Berkebutuhan Khusus, Konselor Kesehatan Reproduksi Remaja, dan Konselor Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Sehingga lulusan BK Unipas dapat bersaing di dunia kerja.

Kata kunci: Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), bimbingan dan konseling.

 

[5] Drs. I Nyoman Mudarya, M.Pd. adalah staf edukatif pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126043121_i nyoman mudarya-prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: