Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeBerita UtamaPROSIDING AKADEMIK-ILMIAHALAM TERKEMBANG SEBAGAI BAGIAN ESENSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS PERTANIAN

ALAM TERKEMBANG SEBAGAI BAGIAN ESENSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS PERTANIAN

ALAM TERKEMBANG SEBAGAI BAGIAN ESENSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS PERTANIAN

Oleh Ir. Made Suarsana, M.P. dan Ni Putu Sri Wahyuni, S.P., M.M.A.[9]

(Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.102-112). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8)

Abstrak: Sejak zamannya Bacon, alam memang sudah digunakan sebagai unsur esensial dalam proses pembelajaran. Sehingga saran Bacon sampai saat ini selalu diingat oleh dosen ilmu-ilmu alamiah. Saran tersebut berbunyi bila Anda ingin mengetahui tentang fenomena alam, maka datang dan bertanyalah kepada alam itu sendiri. Jenis media menurut Dale yang cocok mengadopsi alam sebagai media dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu alamiah adalah pengalaman langsung yang bertujuan (direct purposeful experience), sedangkan jenis siklus belajar yang cocok menerapkan alam sebagai bagian esensial dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu alamiah adalah siklus belajar empiris-induktif. Alam dalam pengalaman langsung bertujuan dan siklus belajar empiris-induktif sama-sama berfungsi sebagai media dalam konkretisasi konsep, sehingga lebih mudah diterima sebagai konsep yang formal.

Kata kunci: Alam, siklus belajar empris-induktif, dan pembelajaran

[9] Ir. Made Suarsana, M.P. dan Ni Putu Sri Wahyuni, S.P., M.M.A. adalah staf edukatif pada Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja.

20171126044259_made suarsana-ni putu sri wahyuni- prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017

Share With: